Hiking Ceria JSS Poncokusumo

JSS Poncokusumo
Dikutip dari Wikipedia, "Poncokusumo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Luas kecamatan Poncokusumo adalah 20.632 hektare.". Di Kecamatan Poncokusumo memang terdapat banyak tempat wisata alam, diantaranya Coban Pelangi, Coban Trisula, Coban Bidadari, Ledok Ombo, Gunungsari Sunset, Sedaer Tubing, dan yang masih lumayan baru yaitu Jamun Sunrise Sunset (JSS). 

JSS ini letaknya tidak jauh dari Ledok Ombo, hanya saja jalan menuju ke tempat parkirnya jauh dari jalan raya yang sudah ada petunjuk arahnya. Dengan kondisi jalan masih berupa tanah dengan kanan kiri berupa kebun milik masyarakat sekitar. Jalan tersebut pastinya tidak mulus, banyak gundukan-gundukan tanah, sebagian sedikit becek, dan lebarnya hanya sekitar 1,5 meter. Jadi apabila berpapasan dengan motor lain salah 1 harus mengalah. Sayang sekali saat itu tidak bisa memotret kondisi jalannya karena sibuk berpegangan saat dibonceng.


Setelah sampai di parkiran, disitu juga terdapat pos dimana kita harus menulis daftar tamu dan bayar untuk masuk dan parkirnya. Saat itu rombongan kita berjumlah tiga motor dan 5 orang ditarik Rp 50.000,- . Aku juga kurang paham waktu itu untuk tarif masuknya, yang jelas aku dengar dari pengunjung lain kalau ngecamp disana tarifnya beda. Dari info bapak yang ada di pos untuk sampai di puncak JSS kurang lebih 30 menit dengan jalan santai.


Tidak lama kemudian kita mulai start jalan pelan-pelan sambil mulai lihat kiri-kanan yang penuh dengan hijau pepohonan dan bukit yang sangat menyegarkan mata.

JSS Poncokusumo

Tidak terasa kalau jalannya lama-lama nanjak, jadi aku sedikit-sedikit istirahat karena waktu itu masih dalam masa recovery setelah sakit, dan lama sekali tidak hiking. Oiya, aku saranin ya kalau kesana bawa bekal terutama air putih karena memang perlu, secara naik bukit pasti rasa haus ataupun lapar pasti melanda. 

Ternyata dari waktu yang disampaikan bapak di pos 30 menit bukan waktu yang pas buatku. Setelah menghabiskan waktu 30 menit itu aku masih di tengan perjalanan. Dimana  treknya semakin nanjak dan semakin ngos-ngosan jadi sering istirahat. 


Aku menikmati sekali perjalannya meskipun sering istirahat, karena pemandangan yang luar biasa, menyejukkan, dan menghilangkan penat. Ada beberapa pengunjung lain yang juga akan hiking, ada juga yang berpapasan saat mereka akan turun. Keadaan seperti itu mengingatkanku saat ke Ranukumbolo, ah.. jadi kepengen kesana.

JSS Poncokusumo
Melenceng dari estimasi waktu 30 menit tiba, ternyata aku malah 1 jam baru sampai puncak 1300 Mdpl. Dengan bercucuran keringat, akhirnya lega juga sampai tujuan dengan melihat pemandangan yang disuguhkan. Tapi sayang sekali saat itu langitnya mendung jadi tidak tampak langit yang biru, tapi abu-abu.

JSS Poncokusumo

JSS Poncokusumo
Sambil istirahat menikmati pemandangan, makan camilan dan juga foto-foto pastinya jangan lupa kopi nya dituangkan. Perjalanan kali ini aku anggap pemanasan sebelum ke gunung yang sesungguhnya, dan sebagai obat kangen nggunung. Akhirnya terobati...



Oke.. itulah secuil cerita perjalannku...
Bagi kalian yang punya channel Youtube, kunjungi channelku ya..
jangan lupa di subscribe, like, and comment.. 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendakian Gunung Arjuno 3.339 MDPL via Purwosari dan turun via Lawang 2017

Pulau Sempu, Segara Anakan Yang Indah Tersembunyi Di Malang