Wisata ke Pantai Tiga Warna Kabupaten Malang

Tanggal 20 September 2015 bertepatan hari Minggu, aku dan keluarga punya acara wisata ke Pantai Tiga Warna. Pantai ini lagi ngehits saat ini. Diantara kami yang akan berangkat belum ada pernah yang berkunjung ke Pantai. Hanya berbekal informasi dari teman dan googling akhirnya kami sepakat untuk pergi piknik ke pantai ini yang katanya bagus bagi yang sudah pergi kesana.

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambak Rejo, Pedukuhan Sendang Biru, Kec. Sumber Manjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur. Kami berangkat dari rumah daerah Pakis Kab. Malang sekitar pukul 06.30 WIB dengan menaiki mobil yang beranggotakan 7 orang dan 1 anak. Dengan kecepatan yang tidak terlalu kencang dan tidak terlalu pelan, dan akhirnya kami sampai di area parkir Pantai Tiga Warna sekitar pukul 09.30 WIB. Perjalanan yang lumayan lama untuk pergi ke daerah pantai membuat hati senang apabila sudah berada di area parkir, karena anggapan kami tujuan sudah dekat.

Ternyata setelah tanya sama mas parkirnya kita masih harus menempuh perjalanan lagi dengan jalan kaki sekitar 1KM dari area parkiran ke Pos Clungup. Dari Pos Clungup harus jalan lagi ke Pantai Gatra, baru ke Pantai Tiga Warna. Oh My God... ternyata ga sedekat yang kami bayangkan. Akhirnya kami harus jalan kurang lebih 1,5jam lagi untuk sampai ke tujuan.
kita mulai melangkahkan kaki dengan tekad yang kuat dan perjuangan membawa semua bekal kami, semoga ga lelah dan terbayarkan dengan pemandangan yang bagus.

Oiya... untuk yang bawa motor bisa dibawa sampai Pos Clungup. tapi kalo mobil parkirnya jauh banget dengan Pos clungup. Jadi harus jalan kaki kaya kita ini.. :D
Untuk kondisi jalan ada yang uda baik dan sebagian masih tanah, lebarnya cukup untuk papasan 2 motor, itupun pres banget. Jalannya ga ada yang turun, alias tanjakan terus, dan seger liat dedaunan disekitar.. its real PIKNIK!!

Setelah jalan naik-naik ke puncak gunung akhirnya kita sampai juga di Pos Clungup. Disini kami didata berapa orang dalam 1 kelompok, barang bawaan, plastik, botol, pokoknya semua bekal yang kita bawa akan di data sama petugasnya. Karena sampah ga boleh ditinggal di pantai, harus dibawa lagi ke pos dan akan di cek petugas, apakah sesuai dengan yang didata pas masuk tadi. Apabila kuran akan di suruh balik lagi ambil sampah yang tertinggal.

Biaya masuk dikenakan tarif Rp 5000/org . untuk ke Pantai Tiga warna nya wajib pake guide per kelompoknya  dan bayar 100rb/kelompok.
Oiya.. sebelumnya harus reservasi dulu untuk kunjungan ke Pantai Tiga Warna. Aku reservasinya sebulan sebelumnya, awalnya ingin berkunjung bulan agustus, tapi sudah full untuk bulan itu. Setahuku pengunjung Pantai 3 warna dibatasi 100 org/ hari.

Setelah didata ini itu dan membayar biaya masuk sekalian istirahat juga, akhirnya kami bisa lanjutkan perjalanan.
Lets Go......!!

Dalam perjalanan ke Pantai Tiga Warna, kita melewati Pantai Clungup, Pantai Gatra, baru sampai di Pantai Tiga Warna. Setelah di pintu masuk kami jalan sekitar 30 menit sampai di kawasan konservasi mangrove.

Setelah melewati kawasan konservasi mangrov akhirnya samapai juga di Pantai Clungup. Tapi saat itu di sana airnya surut, jadi ga ada airnya dan kering.

Nggak lama di Pantai Clungup cuma mengabadikan beberapa gambar dan lanjut ke Pantai Gatra dengan perut yang mulai lapar dan ingin segera sampai tujuan..
Beberapa menit kemudian dengan sisa tenaga yang kami punya akhirnya sampai juga di Pantai Gatra. Ngga rugi emang, pantainya indah, bersih, dan tidak full pengunjung sehingga kami benar-benar bisa menikmati pemandangan yang indah sambil mulai membuka bekal untuk mengisi tenaga.. :D

Setelah sarapan di pinggir pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi kami ceria kembali dan mulai ambil pose masing-masing.. hahhaa..

setelah cukup berbagi ceria di Pantai Gatra kami melanjutkan ke tujuan utama, yaitu pantai Tiga Warna. Ngga boleh lupa dengan sampahnya ya, harus dibawa kemanapun kita melangkah untuk menjaga kelestarian pantai Indonesia agar bersih. Meskipun tidak semua orang sadar akan kebersihan di tempat wisata umum, paling tidak kita tidak menjadi salah satu diantara mereka yang tidak sadar.

Jalan dari Pantai Gatra ke Pantai Tiga Warna membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, dengan melewati kebun pisang dan jalan yang menanjak kami sampai juga pada tujuan utama..
Masyaallah.. benar-benar indah ciptaan Tuhan..
kita excited banget langsung pengen bermain air..

INDAH kaann???
ga rugi deh meskipun jalannya jauh banget. disini ga bisa renang sembarangan, tetapi untuk tempat diving karena di dasar laut terumbu karang masih baru.
disini ada tempat menyewa alat diving harganya 15rb pelampung dan kacamata.

Itulah pengalamanku ke Pantai Tiga Warna. Ga rugi dengan perjalanan yang di tempuh, semua terbayar dengan keindahan pantainya.. ^_^